CCleaner - Menghapus dan Membersihkan File Secara Aman

Selasa, 21 Mei 2013


CCleaner adalah program yang mudah digunakan dan efisien, sangat penting untuk melindungi privasi dan keamanan digital Anda. Dengan menghapus (atau membersihkan) secara permanen riwayat perambah (browser history), cookies, dan file sementara lainnya yang dibuat selama proses kerja, dan juga ruang tidak terpakai di disk, CCleaner membatasi cara-cara pihak jahat mengawasi kebiasaan bekerja Anda atau menyerang sistem Anda.
Meng-instal CCleaner
  • Bacalah Petunjuk yang membantu Kata Pengantar.
  • Klik ikon CCleaner di bawah ini untuk membuka laman unduhwww.piriform.com/ccleaner/builds.
  • Pada bagian 'CCleaner - Slim' klik tombol 'Download'
  • Simpan 'ccsetup_slim.exe' dalam komputer Anda, kemudian temukan kembali, klik dua kali instaler tersebut untuk menjalankan program instalasi.
  • Bacalah 'Petunjuk Instalasi' pada bagian berikut sebelum Anda melanjutkan proses instalasi.
  • Setelah CCleaner berhasil terinstal, Anda dapat menghapus program instalasinya dari komputer Anda.
CCleaner:
Situs Resmi
Sistem operasi yang diperlukan
  • All Windows Versions
Versi yang digunakan dalam panduan ini
  • 3.04
Lisensi
  • Gratis
Petunjuk yang perlu dibaca:
Petunjuk bagaimana caranya Bab 6. Cara menghancurkan informasi rahasia
Level: 1: Pemula, 2: Umum, 3: Menengah, 4: Berpengalaman, 5: Ahli
Waktu yang diperlukan untuk menggunakan alat ini: 15 menit
Apa yang akan Anda dapatkan:
  • Kemampuan untuk menghapus secara permanen jejak aktifitas Anda dan file sementara yang tersimpan dalam komputer Anda.
  • Kemampuan untuk membersihkan ruang tidak terpakai dalam disk yang tersambung dengan komputer Anda.
  • Kemampuan untuk membersihkan Windows Registry.
  • Kemampuan untuk mengontrol program apa saja yang bekerja ketika komputer dinyalakan.
GNU Linux, Mac OS dan Program Microsoft Windows lainnya yang kompatibel:
Alat penghapus file sementara yang kompatibel dengan GNU Linux dan Microsoft Windows adalah BleachBitBleachBitmemungkinkan Anda menghapus file sementara di lebih dari 70 aplikasi popular, mengoperasikan sistem file sementara dan membersihkan ruang di disk. BleachBit adalah program open-source dengan versi portable yang tersedia dalam 32 bahasa. Pengguna Ubuntu Linux juga dapat membaca panduan Cleaning up all those unnecessary junk file - panduan untuk belajar cara membersihkan sistem Anda.
Pengguna Mac OS akan menyukai program gratis dari Titanium’s SoftwareOnyX and Maintenance untuk menghapus jejak-jejak pekerjaan Anda. Untuk mengosongkan Trash Anda dengan aman, buka menu Finder lalu select Finder > Secure Empty Trash. Agar dapat selalu membersihkan Trash Anda dengan aman, select Finder > Preferensi kemudian klik tab Lanjutan. Kemudian, pilih pilihan Kosongkan Trash. Untuk menghapus ruang bebas, jalankan sistem aplikasi Disk Utilitypilih partisi disk, pilih tab Erase, lalu Klik tombol Erase Free Space.

1.1 Hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakan alat ini

Pengaturan yang telah ditetapkan pada sistem komputer atau perambah Internet Anda akan mengumpulakan dan menciptakan jejak data secara otomatis yang dapat diketahui dan diikuti oleh pihak jahat – seperti layaknya pemburu dan mangsanya. Setiap kali Anda menggunakan perambah internet atau prosesor word, atau program; data dan file sementara akan diambil dan disimpan di sistem komputer Anda. Ia juga bisa mendapatkan daftar dari dokumen atau halaman web yang baru dilihat. Sebagai contoh, ketika ada mengetik halaman web ke dalam perambah Internet Anda, daftar dari halaman yang dimulai dengan huruf tersebut akan terlihat sebagai berikut:
Gambar 1: Bar alamat Perambah Internet menunjukkan URLs yang berbeda-beda.
Walaupun riwayat perambah Anda terlihat sebagai suatu kemudahan, hal ini juga membiarkan seseorang mengidentifikasi website apa saja yang Anda kunjungi. Kemudian, aktifitas Anda yang paling baru akan terekspos dengan data sementara yang diambil dari gambar yang muncul di website tersebut, termasuk pesan e-mail atau informasi lainnya yang diketik melalu format Internet.
Untuk menghapus data sementara setiap Anda menggunakan program, Anda harus membuka direktori program satu persatu, identifikasi lalu hapuslah secara manual file sementara dari sana. CCleaner dengan mudah menampilan daftar program, sehingga Anda dapat memilih program mana yang harus dihapus dari semua file sementara yang terdaftar.
Penting: Walaupun CCleaner hanya menghapus file sementara, dan tidak menghapus dokumen sebenarnya yang Anda simpan di komputer, sangat disarankan agar Anda menyimpan salinan dari dokumen Anda yang ter-update (silahkan baca Petunjuk bagaimana caranya Bab 5. Cara memulihkan informasi yang hilang untuk mengetahui cara membuat salinan file).
Setelah menjalankan CCleaner, Anda mungkin akan kehilangan riwayat dari semua perambah Anda, dokumen terbaru Anda, dan bahkan password yang disimpan. Namun, inilah kegunaan utama dari alat ini – untuk meminimalisir kemungkinan sistem komputer Anda terserang dan diawasi.

0 komentar:

Posting Komentar